Kru kami akan siap menjemput anda di Hotel, Airport, Pelabuhan, Stasiun kereta api ataupun terminal bus. Keberangkatan di pagi hari dengan dengan menggunakan kendaraan 4WD menempuh perjalanan selama 1,5 jam untuk mencapai area parker Paltuding (1850m). Kawah Ijen yang terletak 45km dari kota Banyuwangi  yang mana merupakan tempat masuk paling populer bagi pengunjung. Pada menit menit terakhir berkendara Anda akan melewati salah satu hutan hujan yang terbaik di Jawa dengan vegetasi yang beragam dan jika beruntung Anda dapat menemukan monyet Jawa hitam bergelantungan di pohon dan yang paling mengesankan ketika Anda melihat Puma menyeberang jalan di tambah dengan berjajarnya pohon pakis langka yang akan membuat perjalanan anda lebih mengesankan.

Di tempat parkir di mana Anda memulai untuk mendaki sejauh 3.3km suhu rata-rata antara 14-20 derajat Celsius. Pendakian sendiri terbagi dalam 3 bagian yang berbeda, pada awal Anda akan menemukan sebuah bagian yang mudah untuk 900mtrs lalu di lanjutkan dengan pendakian yang sedikit terjal sekitar 1,4km dan pada bagian akhir anda akan menemukan trek yang hamper datar sekitar 1km dan pada dasarnya diperlukan 1,5h untuk mencapai puncak gunung Ijen (2386m). Semua akan sebanding ketika Anda tiba di puncak dari sini Anda akan menikmati pemandangan yang menakjubkan, Kawah Ijen berisi dengan 32jt-33jt meter kubik air asam hijau kebiru-biruan di dalamnya dan itu menjadi danau asam paling besar di dunia. Pada sudut kiri danau dengan kedalaman sekitar 325m dari puncak ada area lereng kuning yang disebut sulfatara di mana penambang menghasilkan batu kuning terang yang disebut Sulphur/belerang, belerang itu sendiri dihasilkan oleh gas belerang yang berhembus setiap detik dari perut bumi kemudian penambang menyalurkan gas ke dalam pipa untuk kondensasi dan pada sisi lain dari pipa mereka hanya menunggu beberapa jam untuk pemprosesan dari belerang cair menjadi belerang beku. Semua proses dilakukan secara manual tidak ada mesin atau teknologi tinggi, ketika mereka mendapatkan bongkahan belerang mereka akan memotong menjadi ukuran-ukuran yang lebih kecil untuk memudahkan saat mereka memasukkan ke keranjang bambu atau karung plastik. Mereka dapat memuat 60kg-100kg belerang dengan menaiki dan menuruni bukit untuk mencapai tempat pengumpulan belerang yang mana lokasinya persis sekitar 100mtr dari tempat parkir.

Setelah Anda selesai menikmati pemandangan perjalanan ke tempat parkir melewati jalan yang sama ketika Anda mendaki di, kemudian perjalanan di lanjutkan ke tempat penjemputan atau hotel di mana anda menginap. Dalam perjalanan ke Banyuwangi ada perkebunan besar yang menghasilkan beberapa jenis produk tropis yang paling terkenal seperti cengkeh dan kopi robusta ketika, Anda mengunjungi antara April sampai September merupakan waktu yang tepat karena begitu banyak kegiatan untuk dilihat dari orang-orang lokal ketika mereka memanen perkebunan. Salah satunya anda dapat melihat ketika Ibu-ibu memanjat pohon cengkeh setinggi 15m atau lebih hanya dengan tangga bambu tanpa pengaman apapun dan ketika Anda melewati sudut lain dari perkebunan Anda akan mencium aroma wewangian eperti bunga melati tapi aromanya tersebut berasal dari bunga kopi pada saat yang sama Anda dapat melihat orang-orang memanen biji kopi segar langsung dari pohon, salah satu dari pengalaman yang mengesankan. Mengakhiri tour dengan mengantar anda kembali ke Hotel atau tujuan berikutnya.